Bahasa Pemrograman

Pesatnya perkembangan teknologi membuat banyak alat-alat canggih yang dikendalikan hanya melalui komputer maupun handphone, komunikasi antara manusia dan teknologi tentunya dijembatani oleh bahasa pemrograman, apa itu bahasa pemrograman? Dan apa fungsinya? Berikut ini penjelasannya.

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa pemrograman adalah bahasa untuk berkomunikasi dengan komputer, karena pada dasarnya komputer atau mesin hanya bisa membaca bilangan biner yang terdiri dari 0 dan 1.

Oleh karena itu muncullah beberapa bahasa pemrograman yang saat ini bisa kita gunakan secara open source, nah dengan bantuan bahasa pemrograman kita akan lebih mudah untuk mengkomunikasikan apa yang ingin kita buat.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Jadi fungsi dari bahasa pemrograman adalah mempermudah komunikasi kita kepada komputer, dengan bantuan bahasa pemrograman kita bisa menulis kemauan kita tanpa harus menjadikan bilangan biner terlebih dahulu.

Nantinya bahasa pemrograman yang kita gunakan akan meng-compile apa yang kita tuliskan atau biasa disebut coding (baca apa itu coding?) menjadi bilangan biner.

Nah untuk bahasa yang akan kamu gunakan juga terserah kamu inginnya menggunakan yang mana, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang disediakan secara open source dan itu bisa kamu pilih sesuai dengan kenyamanan.

Penasaran bahasa pemrograman apa saja yang sering digunakan oleh orang-orang? Berikut 10 bahasa terpopuler di dunia menurut Github.

1. Javascript

2. Python

3. Java

4. PHP

5. C#

6. C++

7. TypeScript

8. Shell

9. C

10. Ruby

Contoh Bahasa Pemrograman

Javascript

Bahasa pemrograman Javascript menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipahami, selain itu Javascript juga berfungsi cukup banyak dia bisa dipakai untuk membuat web dan juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi.

Kali ini kami akan memberikan contoh coding bahasa pemrograman Javascript, disini kami akan menampilkan Hallo Dunia.

<html> <head> <title>Latihan Javascript</title> <head> <body> <script type=”text/javascript”> document.write(“Hallo Dunia”); </script> </body></html>

Dengan kode diatas, maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

PHP

Bahasa pemrograman PHP seringkali diandalkan ketika orang-orang ingin membuat website, mudah dipahami dan komunitasnya yang sudah sangat besar membuat banyak orang lebih suka memakai PHP dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

Untuk menggunakan PHP, yang kamu butuhkan adalah software untuk melakukan coding seperti Notepad++ dan software Xampp yang digunakan untuk menyalakan Apache dan MySQL.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal Xampp dan Notepad++, jangan lupa klik start pada Apache dan MySQL di software Xampp.

Buka file xampp, lalu buka file htdocs, disana kamu diwajibkan membuat folder baru untuk project yang akan kamu buat.

Buat file bernama index.php masukkan di folder yang sudah kamu buat di htdocs, lalu di file index.php masukkan coding di bawah ini.

<?php
echo “Hallo Dunia”;
?>

Untuk melihat hasilnya, pastikan kamu sudah mengaktifkan Apache dan MySQL di Xampp, lalu ketik localhost/namafolderkamu/ di url browser yang kalian gunakan, ganti namafolderkamu itu menjadi nama folder yang sudah kamu buat di dalam folder htdocs.

Jika sudah, maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

Itulah 2 contoh dasar bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh banyak orang, untuk bahasa yang lain silahkan kalian trial and error sendiri ya.

Jadi kamu lebih tertarik mempelajari bahasa pemrograman yang mana? Silahkan taruh jawabanmu di kolom komentar ya.

Tinggalkan komentar