Cara Download Windows 10 ISO Tanpa Media Creation Tool

Bagi Anda yang ingin melakukan install Windows 10 menggunakan Flashdisk, maka Anda wajib mempersiapkan bootable Flashdisk Windows 10. Dan jika Anda ingin membuat bootable Flashdisk Windows 10, maka terlebih dahulu Anda harus menyiapkan File ISO Windows 10.

File ISO Windows 10 sendiri pada dasarnya mudah untuk didapatkan, hal yang perlu Anda lakukan adalah mendownloadnya  menggunakan software Media Creation Tools yang juga bisa didapatkan pada situs resmi Microsoft. Media Creation Tools merupakan tool milik microsoft yang dikhususkan bagi para pengguna OS Windows yang ingin men-download file ISO Windows 10.

Yang menjadi persoalan adalah, proses Download ISO menggunakan Media Creation Tool terbilang cukup ribet. Anda harus Download Media Creation Tool terlebih dahulu, setelah itu baru mendownload file iso melalui Media Creation Tools tersebut.

Padahal sebenarnya kita bisa mendownload file ISO Windows 10 dari website Microsoft tanpa harus menggunakan Media Creation Tool. Dan cara ini yang akan kami bagikan untuk mempermudah Anda dalam mendownload File ISO Windows 10.

Penasaran? Simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Download Windows 10 ISO Tanpa Media Creation Tools

Untuk mengawali tutorial ini, silahkan buka Google Chrome dan langsung menuju halaman Download Windows 10 ISO, selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Developer Tools

Langkah pertama adalah akses Developer Tools dengan cara klik tiga titik vertikal yang berada di kanan atas Google Chrome Anda, atau lebih gampangnya Anda juga dapat menggunakan shortcut pada keyboard dengan cara menekan Ctrl+Shift+I secara bersamaan.

2. Akses Network Conditions

Setelah developer tools terbuka, maka tampilan Browser Anda akan berubah dengan adanya panel baru seperti tampilan di bawah ini.

Langkah selanjutnya klik tanda titik tiga kemudian masuk pada More Tools —> Network Conditions.

3. Ubah User Agent

Pada saat ini seharusnya Anda mendapati tab Network Conditions dan pada bagian User Agent hilangkan tanda centang agar Anda seolah-olah mengakses halaman Download dengan menggunakan Operating System selain Windows.

Langkah selanjutnya Anda dapat memilih sendiri user agent yang Anda gunakan dengan cara klik pada kolom Custom dan pilih salah satu. Hal ini bertujuan untuk mengakali website Microsoft agar mengira Anda mengakses halaman Download menggunakan operating system selain Windows. Dalam contoh ini, kami menggunakan Chrome – Mac.

4. Refresh Browser

Jika sudah, langkah selanjutnya refresh Browser Anda dengan cara menekan F5. Kali ini Anda akan diarahkan langsung ke halaman Download Windows 10 ISO dan Anda dapat memilih edisi yang Anda inginkan. Jika sudah, tekan Confirm.

5. Pilih Bahasa

Selanjutnya pilih bahasa yang Anda inginkan dan tekan Confirm.

6. Download File ISO Windows 10

Selanjutnya Anda memilih apakah ingin men-download Operating System 32-bit atau 64-bit. Jika sudah maka Anda akan mendapatkan link Download yang akan aktif selama 24 jam, langkah terakhir Anda hanya memilih partisi tempat penyimpanan untuk mulai men-download Windows ISO dan kemudian klik Save.

Bagaimana cukup mudah bukan? Jika proses Download sudah selesai maka Anda dapat membuat burning ke CD atau membuat bootable flashdisk Windows 10 untuk memudahkan proses cara install Windows 10.

Tinggalkan komentar